BAJU IHRAM

Robie Fanreza

WhatsApp Image 2018-08-08 at 13.22.26Wakil Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara

Saat ini jamaah haji sedang melaksanakan rangkaian ibadah di Mekkah. Mereka berasal dari berbagai Negara termasuk Indonesia. Ibadah haji rukun Islam kelima yang harus dikerjakan dengan ketentuan dan syarat yang melekat pada diri seorang muslim. Sejak tiba ditanah suci jamaah sudah memakai pakaian ihram. Pakaian ihram adalah Pakaian ihram bagi laki-laki adalah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihram adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian ihram disunatkan putih.

Menurut Qomarudin Hidayat pakaian ihram adalah Ketika mengenakan pakaian ihram seseorang harus menanggalkan semua pakaian status sosial, tidak boleh mengenakan kosmetik, tidak boleh bercermin, tidak boleh membunuh hewan, merusak pepohonan tidak juga melakukan hubungan seksual. Pendeknya berbagai nafsu egoistic ditekan ke titik nol agar seseorang mampu melakukan mi’raj. Mendekati Sang Pencipta sedekat-dekatnya dalam rangka membangun pribadi tangguh, sebuah peribadi yang darinya terpancar sifat-sifat ilahiyah.

Seorang muslim tatkala memakai pakaian ihram tidak lagi perbedaan bagi seorang pejabat dengan rakyat biasa. Atau seorang pengusaha kaya dengan orang yang biasa-biasa saja. Status sosial yang melekat pada seorang muslim itu tidak menjadi hal prioritas dalam melaksanakan ibadah haji. Semua yang berada ditanah suci mempunyai kewajiban yang sama. Hanya orang yang ikhlas dalam beribadah kepada Allah yang dapat membedakannya. Setiap seorang laki-laki dan perempuan adalah sama di mata Allah, termasuk warna, gender, atau status. Ini merupakan hal yang sangat penting karena bila kalian orang kaya maka kalian akan berpakaian sangat kaya dan sangat cantik untuk acara yang penting. Sementara, mereka yang miskin tak akan bisa berpakaian seperti itu, papar Nasif Kayed, seorang General Manager The Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding di Dubai. Oleh karena itu haji merupakan ibadah yang sangat besar nilai pahalanya. Dan jika seorang yang telah kembali ke tanah air maka tetap harus melekat makna baju ihram dalam kehidupan masyarakat.

Penutup

Begitu dahsyat makna baju ihram bagi seorang yang sedang menunaikan ibadah haji. Setiba ditanah suci maka baju ini harus dipakai, tidak memakai baju yang lain. Baju ini seolah berkata kepada kita sekaya atau sehebat apa pun kita di dunia jika berhadapan dengan Allah maka tidak ada yang disombongkan. Fastabiqul Khairat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*