Dosen UMSU Melakukan Kegiatan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM)

Pada hari senin bertepatan dengan tanggal 22 Juni 2020 dosen UMSU yaitu Mavianti, S.Pd.I., M.A (prodi Agribisnis, Ketua), Rizka Harfiani, S.pd.I., M.Psi (prodi PAI, Anggota I) dan Hasrian Rudi Setiawan, S.Pd.I., M.Pd.I (prodi PAI, Anggota II) melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM). Kegiatan ini bermitra dengan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Tanjung Selamat dan Majelis PKS. Adapun tema dalam kegiatan tersebut adalah “Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Kader ‘Aisyiyah Pimpinan Ranting Tanjung Selamat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di salah satu kelas SMP Muhammadiyah 61 tanjung Selamat yang berlokasi di jl. Perjuangan No. 18 Dusun II Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Acara dilokasi tersebut dimulai pada pukul 08.15 WIB dengan dihadiri oleh sekitar 21 anggota pimpinan ranting ‘Aisyiyah Tanjung Selamat.

Acara tesebut dipandu oleh Rizka Harfiani, S.pd.I., M.Psi dengan susunan acara sebagai berikut yaitu Pembukaan oleh protokol, Kata sambutan dari mitra yaitu pimpinan ranting ‘Aisyiyah Tanjung Selamat yang diwakili oleh Wakil Ketua PRA Tanjung Selamat yaitu Ibu Aripah. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa terimakasih karena sudah menjalin kerjasama dengan PRA Tanjung Selamat. Dan harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi anggota PRA Tanjung Selamat. Selanjutnya beliau juga berharap kepada peserta agar mengikuti kegitan ini dengan serius sehingga ilmunya bisa didapat dan dipraktekkan sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga kader ‘Aisyiyah sesuai dengan tema kegiatan hari ini. Lalu dilanjutkan dengan materi I yaitu pengantar yang disampaikan oleh Mavianti, S.Pd.I., M.A. dalam pengantarnya beliau menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan PKPM ini diadakan. Karena berdasarkan pengamatan sederhana yang dilakukan diawal bahwa banyak kader ‘Aisyiyah yang merasa nyaman dengan zonanya sekarang sehingga menjalani kesehariannya hanya sebatas ruitinitas saja. Hal ini tentunya memberikan dampak bagi ekonomi keluarga apalagi dalam kondisi pandemic seperti sekarang ini. Dengan terpilihnya PRA Tanjung Selamat sebagai mitra harapannya adalah kader ‘Aisyiyah memiliki jiwa kewirausahaan yang sebelumnya harus diberi pondasi semangat dan motivasi dalam berwirausaha. Dan khususnya di masa pandemic sekarang ini tentunya harus jeli dan benar-benar selektif dalam memilih usaha yang akan dijalankan. Dengan strategi yang benar dan minim resiko tentunya akan menghasilkan materi yang dapat menunjang meningkatnya ekonomi keluarga kader ‘Aisyiyah PRA Tanjung Selamat. Karena ketika ekonomi keluarga kader ‘Aisyiyah sudah kuat dan kokoh akan memberikan dampak yang baik pula bagi perekonomian organisasi ‘Aisyiyah.

Materi selanjutnya yaitu disampaikan oleh Hasrian Rudi Setiawan, S.Pd.I., M.Pd.I tentang memilih bisnis online khususnya pemilihan media sosial yang tepat untuk memasarkan produk. Dalam paparannya beliau mengungkapkan 3 media sosial sederhana dan gratis yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yaitu whatsapp business, facebook dan market place. Beliau juga memandu praktek langsung dalam penggunaannya dengan penuh kesabaran. Para peserta pun sangat antusias dalam mengikuti materi beliau. Bahkan sampai ada peserta yang menyampaikan kepada kami selaku tim agar kegiatan ini ada tindak lanjutnya. Inti dari pemaparan beliau adalah hendaknya bijak dalam menggunakan media sosial. Gunakanlah untuk hal-hal yang positif dan menambah kemanfaatan dan contoh sederhananya untuk berbisnis.

Materi terakhir yaitu praktek berwirausaha. Untuk sesi ini tim pengabdian menggandeng “Rumah Amanah” sebagai penyuplay produk yang dapat dipasarkan oleh ibu-ibu ‘Aisyiyah. Rumah Amanah sendiri telah bekerjasama dengan kurang lebih 15 perusahaan, mulai dari kebutuhan pokok, kesehatan, kecantikan, makanan, soft drink hingga penghemat BBM. Materi disampaikan langsung oleh owner Rumah Amanah. Dalam paparannya beliau mengungkapkan bahwa dalam kondisi pandemic seperti sekarang ini kita harus bisa memilih bisnis yang minim resiko. Karena banyak pihak yang terdampak dengan adanya pandemic ini. Hingga beliau kisahkan sebuah bisnis yang sebelum pandemic memiliki prospek yang sangat maju hingga profit namun dalam kondisi sekarang ini sangat terdampak hingga mau tidak mau harus menjual asset yang ada demi untuk bertahan khususnya keluarga inti. Maka dalam hal ini Rumah Amanah memberikan solusi berwirausaha yang minim resiko tanpa harus punya modal yang banyak tapi sudah bisa membuka peluang usaha. Bahkan dengan marketing yang baik justru dapat menciptakan lapangan kerja. Dengan bermodalkan hp dan kuota ditambah dengan semangat dan motivasi yang tinggi dalam menjalani usaha maka yakinlah akan memberikan hasil. Rumah Amanah siap membantu, mendampingi dan bekerja sama dalam meningkatkan ekonomi keluarga kader ‘Aisyiyah Ranting Tanjung Selamat. Melalui kegiatan ini diharapkan kepada peserta selaku Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Tanjung Selamat mendapatkan wawasan baru hingga terbukanya mindset bahwa berwirausaha tidak selamanya harus dengan modal besar. Melainkan keberanian, semangat dan motivasi serta siap dibimbing maka akan tercipta kader-kader ‘Aisyiyah yang kuat dan kokoh ekonominya. Sehingga dapat menjadi penunjang dalam dakwah ber’Aisyiyah. Selain memberikan manfaat bagi diri sendiri, keluarga juga organisasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*