Dosen FAI UMSU Melakukan Pengabdian Masyarakat di SMP Rahmat Islamiyah Medan

Dimasa Pandemi Covid-19, Guru-Guru SMP Rahmat Islamiyah Medan Tetap Antusias Mengikuti Pelatihan Pemanfaatan Media Rubu’ Al-Mujayyab yang dilakukan oleh Dosen UMSU. Rubu’ Al-Mujayyab adalah instrumen astronomi klasik berbentuk seperempat lingkaran dengan desain sederhana, alat ini berfungsi spesifik yaitu sebagai penentu ketinggian dan pengukur waktu. Rubu’ Al-Mujayyab adalah suatu alat klasik yang akan membantu siswa dalam memahami hubungan antara ilmu yang dipelajarinya dengan alam sekitar. Sampai saat ini, Rubu Al-Mujayyab masih digunakan oleh beberapa (muslim) orang di Indonesia untuk menghitung dan menentukan arah kiblat (kiblat) dan longtitude ekliptika dan deklinasi matahari. Rubu’ Al-Mujayyab merupakan bagian dari program Ilmu Falak diajarkan di pesantren tradisional. Bahkan saat ini, Rubu’ Al-Mujayyab yang diproduksi di Indonesia untuk tujuan pendidikan.

Adapun materi yang disampaikan menggunakan Rubu’ Al-Mujayyab ini yaitu materi Kesebangunan dan Trigonometri yang diawali dari teori, praktek penggunaan media Rubu’ Al-Mujayyab hingga contoh-contoh soal kontekstual yang memudahkan guru dan siswa nantinya memahami pembelajaran matematika menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab. Setiap guru diberikan kesempatan menggunakan Rubu’ Al-Mujayyab satu persatu terkait dengan penggunaan dan aplikasi pada soal yang diberikan.

Kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yaitu program hibah internal Universitas Muhammadiyah yang dikompetisikan kepada seluruh dosen tetap UMSU yang berada di seluruh Fakultas dan adapun  dosen yang menang dalam PKM ini atas nama Hasriyan Rudi Setiawan, M.Pd.I dan Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, MA. PKM ini dilaksanakan pada tanggal 09 Maret 2020 yang dilaksanakan di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang wajib dilaksanakan oleh setiap Dosen, setelah Dharma Pendidikan & Pengajaran, dan Penelitian. PKM ini seluruhnya didanai oleh APB UMSU 2020.

Pada kegiatan PKM ini salah satu guru menyampaikan bahwa PKM ini sangat bermanfaat dan memberikan informasi baru yang tidak kami ketahui sebelumnya. Pembelajaran matematika menggunakan media Rubu’ Al-Mujayyab ini ternyata sangat menarik karena berhubungan langsung pada aplikasi kehidupan sehari-hari, siswa selama ini banyak yang bertanya apa fungsi mempelajari matematika dan tidak sedikit yang bosan dan membenci pembelajaran matematika, diharapkan dengan pemanfaatan media Rubu’ Al-Mujayyab pada pembelajaran matematika disekolah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*