Dosen FAI UMSU Selamat Pohan, M.A dan Faizal Lubis, M.A Melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat Di PCM Medan Denai

Pengabdian ini dilaksanakan tujuannya adalah untuk memberikan bekal konseptual dan praktis kepada masyarakat dan simpatisan, yang menjadi jamaah masjid-masjid Taqwah pada shalat Jumat di wilayah PCM Medan Denai. Hal ini dilakukan oleh tim Dosen FAI UMSU yaitu Selamat Pohan, MA dan Faizal Lubis, MA.  Program ini dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal  21 Juni 2020, bertempat di Masjid Taqwa PRM Perintis. Acara di buka oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Medan Denai, yaitu Al-Ustadz Alban. Kegiatan dimulai dari pagi hari sampai pada sore hari.

Sasaran dari kegiatan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini adalah masyarakat dan simpatisan, yang menjadi jamaah-jamaah masjid Taqwah pada shalat Jumat, agar mereka mengenal dan mengerti  apa itu Muhammadiyah. Tak kenal makanya tak cinta itu pepatah mengatakan. Maka tim Dosen FAI UMSU dalam kegiatan PKPM (Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah) yang di Danai oleh UMSU melalui Program Dana Hibah dan Penelitian Internal. Kegiatan tersebut dilaksanakan bermitra dengan Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PWM Sumatera Utara (mintra 1) dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Denai (mitra 2). Selamat Pohan mengemukakan, melalui upaya dan metode ASII yang direncanakan, alhamdulillah semua peserta mengikuti kegiatan dengan senang dan nyaman. Acara berjalan dengan sukses.

Kegiatan Pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa-mahasiswa Perbankan Syariah (PBS) FAI UMSU untuk turut serta sebagai wujud proses pembelajaran dan pembinaan bagi mereka dilapangan untuk pengabdian pada masyarakat. Adapun mahasiswa/i Perbankan Syariah FAI UMSU yang terlibat diantaranya : Mahyanda Nainggolan, Tengku Fauziah Nur, Frida Sirait, Delvi Naadhila dan Amin Hilal Sianipar. Komentar mahasiswa/i ketika dosen melibatkan mereka, turut serta dalam kegiatan tersebut merasa sangat bangga, bisa terjun mendampingi dosen-dosen yang profesional/mahir dibidaangnya dalam melaksankan kegiatan ASII tersebut.

Peserta berkomentar, kami merasa sangat bangga dengan kegiatan PKPM tersebut, melalui metode ASII membuat mata kami terbuka, dan pikiran tersadar, bahwa apa yang kami ketahui selama ini tentang pengamalan Muhammadiyah terlalu dini untuk menyimpulkan “Muhammadiyah itu Aneh” Namun setelah dipahamkan dengan perlahan dan penjelasan yang rasional berdasarkan nash-nya yang jelas, membuat kami menyadari, masih banyak ternyata untuk dibenahi khususnya masalah thaharah dan shalat. Ucapan terimakasih kami sebagai pesrta ASII kepada UMSU, yang telah mengutus Dosennya ke PCM Medan Denai. Mengingat selama ini kami merasa apa yang sudah kami ketahui itu sudah cukup ternyata masih jauh dari sempurnah. Untuk itu pantas kami ucapan terimakasih kami sebagai peserta kepada Ustadz Selamat Pohan, MA Ustadz Faizal Lubis, MA, dan Ustadz Alban, S.Pd.I Yang telah membimbing dan berbagi ilmu sehingga kami mampu memahami secara mendalam untuk bekal dalam mengamalkan ajaran Islam tersebut.

Dalam kesempatan itu juga pada saat acara penutupan Ketua PCM Medan Denai, melakukan pembaiatan terhadap peserta, untuk aktif mengikuti pengajian di Ranting masing-masing. Sekaligus ucapan terimakasi pada bapak Rektor UMSU Dr. Agussani, M.AP dan Bapak Dekan FAI UMSU Dr. Muhammad Qorib, MA yang telah mengutus Dosen FAI untuk melakukan pengabdian Masyarakat di PCM Medan Denai. Semoga dilain waktu bisa dibuat kembali dengan agenda yang berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*